Panduan Bagaimana Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri

Table of Contents

Get the latest e-commerce industry news, best practices, and product updates!

Reading Time: 6 minutes

Mengetahui bagaimana cara ekspor barang ke luar negeri merupakan hal yang sangat penting yang perlu Anda ketahui saat ini apabila Anda sedang mencari peluang bisnis baru. 

Belakangan ini pemerintah indonesia sedang terus menerus menerapkan kebijakan pemerintah baru dengan melonggarkan beberapa peraturan ekspor seperti izin ekspor, dokumen ekspor yang diperlukan hingga pajak ekspor dengan tujuan untuk mengenjot tingkat ekspor untuk menambah devisa negara. 

Hal ini menunjukan ada banyak sekali peluang ekspor yang bisa Anda dapatkan dan hal ini harus Anda manfaatkan sebaik-baiknya. 

Oleh karena itu melalui artikel ini kita akan bahas panduan tentang bagaimana cara ekspor barang ke luar negeri serta manfaat apa yang bisa didapatkan dari kegiatan ekspor.

Cara Ekspor Barang

Panduan Bagaimana Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri

Seperti yang telah disebutkan diatas, saat ini pemerintah sedang berusaha untuk membuat proses ekspor menjadi lebih mudah dalam rangka meningkatkan tingkat ekspor Indonesia. Meningkatnya jumlah ekspor merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi suatu negara dikarenakan hal ini berarti devisa negara akan semakin bertambah.

Selain itu tingkat ekspor yang tinggi dari suatu negara juga menunjukan bahwa fasilitas dan infrastruktur dari negara tersebut seperti aspek logistik ekspor sudah memadai. Semakin baiknya fasilitas dan infrastruktur dari suatu negara akan memitigasi risiko ekspor yang mungkin saja bisa terjadi dan akan membuat keberhasilan bisnis ekspor semakin tinggi.

Nah, setelah membaca semua hal diatas. Anda tentunya menjadi semakin tertarik akan peluang pasar ekspor yang tersedia saat ini. Anda tentunya penasaran tentang bagaimana cara ekspor produk ke luar negeri. 

Mari simak panduan ekspor dibawah ini sehingga Anda dapat tidak mengalami kendala ekspor ketika Anda memulai bisnis Anda.

1. Menyiapkan Dokumen Ekspor Yang Dibutuhkan

Salah satu syarat yang harus Anda ketahui dalam proses pengiriman internasional adalah menyiapkan dan melengkapi dokumen-dokumen ekspor yang diperlukan sesuai dengan peraturan pemerintah yang telah berlaku.

Tujuannya adalah untuk mempermudah proses ekspor barang Anda. Pastikan semua informasi yang dicantumkan dalam semua dokumen itu sama seperti nama perusahaan, alamat perusahaan, jenis barang yang diekspor dan lain sebagainya.

2. Menyiapkan Dokumen Legalitas Usaha

Sebaik apapun strategi ekspor atau riset pasar internasional yang Anda lakukan apabila Anda tidak memiliki bukti bahwa usaha Anda itu legal maka semua itu percuma. 

Pastikan surat-surat atau dokumen seperti NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), NIK (Nomor Identitas Kepabeanan, SIUP (Surat Izin Perdagangan), hingga TDP (Tanda Daftar Perusahaan) Anda lengkap masih berlaku. 

Kelengkapan surat-surat di atas akan memastikan Anda tidak mengalami kendala ekspor ketika berhadapan dengan pihak bea cukai.

3. Menetapkan Pasar Tujuan

Pastikan Anda sudah mengetahui kemana negara tujuan Anda yang ingin Anda jadikan target pasar Anda. Dengan mengetahui dengan jelas target negara yang akan menjadi pasar Anda, maka Anda akan bisa dengan mudah melakukan riset mengenai aturan impor di negara tersebut. 

Dengan mengetahui hal tersebut maka Anda bisa melakukan mitigasi risiko ekspor di negara tujuan Anda. Oleh karena itu langkah ini sangatlah penting bagi Anda yang sedang mencari tahu bagaimana cara ekspor barang ke luar negeri.

4. Menentukan Cara Pengiriman

Aspek pengiriman atau dalam hal ini urusan logistik dapat dikatakan sebagai aspek terpenting dalam suatu kegiatan ekspor. Logistik dalam hal ini termasuk urusan pengemasan produk ekspor hingga pengiriman dan asuransi kargo. 

Menentukan cara pengiriman yang baik adalah salah satu manajemen risiko ekspor yang harus diketahui oleh Anda yang ingin menjalankan bisnis ekspor. Hingga saat ini sudah tersedia berbagai jasa yang dapat membantu Anda yang merasa kesulitan dalam hal ini. Jasa seperti order fulfillment Indonesia yg disediakan oleh Locad adalah solusi untuk kesulitan yang Anda temui dalam masalah logistik.

5. Melakukan Laporan ke Bea Cukai

Panduan Bagaimana Cara Ekspor Barang Ke Luar Negeri

Apabila semua hal diatas telah Anda lakukan, maka Anda sudah siap untuk melakukan kegiatan ekspor. Hal berikut yang perlu Anda lakukan adalah melakukan laporan ke bea cukai dengan memberikan dokumen seperti PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) serta dokumen-dokumen lain yang dibutuhkan.

Dokumen-dokumen lain tersebut meliputi bukti pemesanan, daftar barang-barang yang akan di ekspor, cara pengiriman dan jenis pengiriman yang digunakan. Pastikan semua dokumen-dokumen tersebut benar sehingga Anda tidak mengalami kendala ketika transaksi Anda diproses oleh pihak bea cukai.

6. Memperoleh Persetujuan Ekspor

Apabila Anda sudah menyerahkan semua dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan peraturan bea cukai yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Maka Anda akan diberikan suatu dokumen yang menunjukan bahwa permintaan Anda untuk melakukan kegiatan ekspor telah disetujui.

Dokumen yang dimaksud disini adalah NPE (Nota Pelayanan Ekspor). Nota pelayanan ekspor akan diterbitkan apabila beberapa syarat dibawah ini telah dipenuhi : 

  • PEB (Pemberitahuan Ekspor Barang) yang Anda berikan ke pihak cukai sudah lengkap dan diisi dengan informasi yang benar.
  • Barang-barang atau produk yang hendak Anda ekspor bukanlah produk-produk yang melanggar hukum atau yang dilarang oleh pihak pemerintah Indonesia.
  • Tidak perlu dilakukan pemeriksaan fisik terhadap barang-barang yang hendak diekspor
  • Apabila perlu dilakukan pemeriksaan fisik, maka NPE (Nota pelayanan Ekspor) akan diterbitkan setelah pemeriksaan fisik menunjukan bahwa jumlah barang serta barang yang hendak diekspor telah sesuai dengan semua dokumen yang telah diserahkan kepada pihak bea cukai.

7. Melakukan Ekspor

Apabila NPE (Nota pelayanan Ekspor) Anda telah diterbitkan maka secara sah Anda sudah diizinkan oleh pihak bea cukai atau pemerintah Indonesia untuk melakukan kegiatan ekspor terhadap barang atau produk yang hendak Anda kirim ke luar negeri. 

Pastikan Anda mengikuti semua aturan dan melakukan pengemasan hingga pengiriman sesuai dengan standar internasional yang berlaku. 

Pastikan juga Anda mematuhi dan mengikuti semua peraturan impor di negara tujuan Anda untuk menghindari kendala dalam kegiatan bisnis ekspor Anda.

Manfaat Ekspor barang

Anda telah mengetahui bagaimana cara ekspor barang ke luar negeri. Berikut adalah beberapa-beberapa keuntungan ekspor barang ke luar negeri : 

  • Menguntungkan pemerintah melalui pendapatan devisa yang meningkat.
  • Meningkatkan kualitas produk dalam negeri.
  • Peluang pasar yang luas dan tidak terbatas.

Kesimpulan

Melakukan kegiatan ekspor akan memberikan manfaat yang sangat besar tidak hanya bagi diri Anda sebagai pelaku bisnis tapi juga kepada pemerintah. Kegiatan ekspor akan dapat mendatangkan devisa yang besar yang dapat digunakan pemerintah untuk kepentingan pertumbuhan ekonomi. 

Oleh karena itu dengan mengetahui bagaimana cara ekspor barang ke luar negeri Anda dapat turut serta membantu pemerintah dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pertumbuhan ekonomi.

Pastikan ketika Anda melakukan kegiatan ekspor, Anda menggunakan jasa pengiriman logistik yang baik dan terpercaya seperti yang disediakan oleh Locad selaku salah satu penyedia jasa order fulfillment Indonesia yang juga mampu melakukan cross-border fulfillment untuk mempermudah Anda yang ingin melakukan usaha ekspor barang ke luar negeri.

 

Experience fulfillment by LOCAD

Grow your business through Locad’s simplified and automated fulfillment solution

  • Unlimited and scaleable warehousing
  • Pay only for what you store
  • No hidden fees or lock-in periods
  • Zero inbound costs
  • Wide integration with marketplaces
  • Automated logistics and delivery
Get the latest e-commerce industry news, best practices, and product updates!

Don't miss out on the latest news!

Get the latest industry news, best practices, and product updates!

Exclusive benefits to ace your e-commerce game this 2023 with Locad’s desk calendar!