Rekber Shopee: Cara Mudah Transaksi Online Dengan Aman

Daftar Isi

Dapatkan berita industri terkini, praktik terbaik, dan pembaruan produk!

Waktu membaca: 9 menit

Perkembangan zaman menyajikan kemudahan dalam bertransaksi. Namun pada saat yang bersamaan, keamanan dalam pembayaran juga menjadi kekhawatiran yang harus dipertimbangkan. Salah satu cara transaksi yang aman adalah melalui rekber Shopee

Apa sih rekber Shopee dan bagaimana langkah bertransaksi dengan rekber? Dapatkan info lengkap dan rinci tentang rekber mulai dari pengertian, keuntungan, hingga kendala yang mungkin dihadapi melalui artikel ini!

Apa Itu Rekber Shopee

Rekber merupakan kepanjangan dari rekening bersama yaitu sebuah metode pembayaran dalam transaksi online yang melibatkan pihak ketiga atau pihak netral yang bertanggung jawab untuk menjaga agar proses transaksi antara penjual dan pembeli terjaga serta terjamin kelancarannya.

Dalam istilah profesional, rekber dikenal dengan istilah escrow service. Internet escrow service atau layanan rekber untuk transaksi online telah digunakan sejak awal mula kemunculan perdagangan secara online di luar negeri. Perusahaan rekber pertama yang berlisensi didirikan oleh Fidelity National Financial pada tahun 1999.

Di Indonesia sendiri, konsep rekber diperkenalkan pertama kali dalam forum KasKus sejak pertengahan tahun 2008. Kemunculan rekber merupakan solusi transaksi aman ditengah maraknya penipuan dalam transaksi online. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya zaman, rekber mulai meluas dari penyedia jasa individu hingga ke perusahaan FinTech.

Adapun jenis-jenis rekber terbagi menjadi:

  • Rekber Shopee
  • Rekber Tokopedia
  • Rekber BukaLapak
  • Rekber Gojek

Cara Menggunakan Rekber Shopee

Berikut adalah cara menggunakan rekber Shopee yang dicontohkan melalui narasi, yaitu:

  • Pembeli melakukan transaksi pembelian barang senilai 130.000;
  • Pembeli membayar produk yang dibeli ke rekening bersama dengan biaya admin sebesar 15.000 ditanggung oleh pembeli;
  • Setelah menerima pembayaran, pihak penyedia rekber akan menginformasikan kepada penjual untuk segera mengirimkan produk ke alamat pembeli;
  • Ketika produk yang dikirim sudah benar dan baik telah diterima oleh pembeli tanpa komplain, maka pihak rekber akan melepaskan dana ke penjual.

Perlu diingat bahwa setiap biaya admin atau biaya penanganan yang dibebankan kepada pembeli merupakan keuntungan dari transaksi melalui rekber.

Keuntungan Rekber

Kehadiran rekber merupakan salah satu cara mengatasi masalah transaksi fiktif yang menguntungkan tidak hanya bagi penjual namun juga pembeli. Berikut adalah keuntungan dari penggunaan rekber:

Keuntungan Rekber untuk Penjual

Beberapa keuntungan rekber untuk penjual yang harus Anda ketahui, diantaranya:

Meningkatkan Keamanan Bertransaksi

Salah satu kendala transaksi online yang paling sering dijumpai adalah risiko penipuan pesanan dan keamanan transaksi. Kehadiran rekber memberikan jaminan rasa keamanan bagi penjual ketika melakukan transaksi dan melindungi penjual dari kemungkinan adanya tuntutan palsu sebab, dana penjualan akan tertahan di akun rekber terlebih dahulu.

Untuk proses pelepasan dana hanya dapat dilakukan ketika pembeli telah menerima produk dan tidak mengajukan pengembalian barang maupun menyuarakan komplain atas produk yang diterima. Sehingga mengurangi risiko terjadinya sengketa jual-beli.

Kredibilitas Penjual dan Kepercayaan Pembeli

Dengan melibatkan rekber sebagai perantara dalam transaksi, penjual telah menunjukkan keseriusan dan niat baik dalam menjalankan bisnis secara benar dan jujur. Rekber juga menjadi media untuk membangun kepercayaan pembeli terhadap penjual.

Kehadiran rekber ditengah transaksi jual-beli antara penjual dengan pembeli secara langsung turut dalam membantu penjual dalam mendapatkan kepercayaan dan membangun relasi jangka panjang yang baik dengan pembeli.

Keuntungan Rekber untuk Pembeli

Selain metode pembayaran COD atau Cash on Delivery, metode pembayaran melalui rekber juga merupakan jenis yang disukai oleh para pembeli. Berikut adalah beberapa keuntungan rekber untuk pembeli:

Menawarkan Kenyamanan Bertransaksi

Pembayaran dana melalui rekber merupakan praktik transaksi terbaik yang dapat ditawarkan kepada pembeli. Karena seluruh proses pembayaran dan pengiriman dana telah diatur oleh rekber, maka pembeli dapat fokus dalam pemilihan produk dan melakukan transaksi tanpa rasa khawatir.

Memberikan Perlindungan dari Resiko Penipuan

Rekber Shopee: Cara Mudah Transaksi Online Dengan Aman

Pada dasarnya, penyedia rekber tepercaya tidak akan melepas dana ke penjual sebelum pembeli menerima barang sesuai dengan pesanan dan dalam kondisi yang baik. Pembeli dapat mengajukan komplain kepada rekber ketika menerima paket yang tidak sesuai dengan deskripsi produk saat dipesan.

Rekber sebagai pihak netral akan melakukan investigasi dan mencari solusi terbaik untuk penyelesaian masalah dan menjaga kepuasan konsumen. Sehingga, kehadiran rekber mengurangi potensi terjadinya penipuan dan menghindari potensi adanya transaksi fiktif.

Cara Memilih Rekber yang Tepat

Berikut adalah beberapa tips memilih rekber yang tepercaya:

  • Pastikan rekber yang Anda gunakan telah memiliki banyak testimonial positif dan kredibilitas tinggi;
  • Rekber yang digunakan harus mampu menjaga keamanan informasi pribadi pengguna;
  • Lakukan penelusuran terhadap rekber yang akan digunakan, pastikan rekber tidak mengambil biaya transaksi yang terlalu tinggi. Secara umum, rekber biasanya mematok tarif sekitar 12% dari jumlah transaksi;
  • Sebaiknya hindari penggunaan jasa rekber individu (orang pribadi) maupun jasa rekber yang meminta data pribadi seperti KTP dan juga swafoto dengan KTP;
  • Untuk lebih aman, Anda dapat melakukan pembelanjaan dan menggunakan rekber marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lainnya.

Langkah Transaksi Menggunakan Rekber

Dalam upaya menjamin transaksi aman online, berikut adalah langkah-langkah transaksi melalui rekber yang harus Anda ketahui:

  • Pembeli dan penjual sama-sama menyetujui ketentuan pembayaran melalui rekber;
  • Setelah mencapai kesepakatan, pembeli akan melakukan pembayaran ke rekening bersama yang telah disediakan oleh penyedia jasa rekber. Pembayaran pada umumnya dilakukan melalui metode transfer bank dengan disertai biaya fee;
  • Pihak rekber yang mendapatkan notifikasi masuk dana dari pembeli akan segera memberitahukan kepada penjual bahwa dana sudah diamankan dan transaksi dapat diproses;
  • Setelah pembeli menerima notifikasi, pesanan akan segera diproses untuk dikirim;
  • Saat pengiriman berhasil dan produk yang diterima pembeli dalam keadaan sesuai dengan deskripsi dan benar, dengan begitu rekber dapat melakukan pencairan dana ke akun penjual.

Pada umumnya, penyedia jasa rekber akan mendapatkan commission fee atau biaya komisi atas penyediaan jasa rekber yang ditawarkan.  

Keamanan Data dan Informasi Pribadi

Protecting your Shopee site from e-commerce scam | Locad

Jika Anda menggunakan rekber dari platform e-commerce seperti Shopee, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang keamanan data pribadi Anda. Pasalnya, akun rekber Shopee diawasi oleh lembaga OJK dan tentu saja patuh terhadap Undang Undang di Indonesia.

Keamanan data Anda juga telah dilindungi sebagai Hak Kekayaan Intelektual yang tercantum dalam Pasal 25 UU ITE dimana data-data dari pengguna mendapatkan perlindungan hukum atas data pribadi yang dimiliki individu pada sistem elektronik.

Bagi Anda yang masih merasa kurang tenang dan membutuhkan tips transaksi aman juga memastikan informasi sensitif Anda terjaga saat melakukan transaksi melalui rekber, berikut yang dapat Anda lakukan:

  • Jangan bagikan PIN dan OTP Anda kepada siapapun. PIN dan OTP merupakan cara untuk verifikasi data dan menjaga keamanan data transaksi, karena itu, OTP dan PIN hanya boleh diketahui oleh Anda selaku pemilik;
  • Hindari untuk membagikan KTP juga data pribadi lainnya dalam proses transaksi. Perlu diingat bahwa Shopee sebagai penyedia layanan hanya melakukan identitas pribadi pengguna saat melakukan verifikasi data merchant atau penjual;
  • Menolak untuk melakukan transaksi diluar platform Shopee. Perlu diingat, segala transaksi di luar Shopee tidak lagi berada di bawah pengawasan Shopee dan bukan menjadi tanggung jawab Shopee. Jadi, jangan sampai terjebak modus penipuan yang mengajak transaksi di luar aplikasi dengan alasan apapun.

Kendala dan Tantangan

Anda mungkin sudah melihat serangkaian kelebihan atau keuntungan dalam menggunakan rekening bersama Shopee, Tokopedia, maupun rekber dari berbagai platform lainnya. Lantas, apakah menjamin bahwa penggunaan rekber tidak memiliki kendala? Bagaimana jika pihak penyedia rekber yang melakukan wanprestasi?

Faktanya, beberapa tahun silam, pernah terjadi kasus penipuan yang dilakukan oleh pihak penyedia jasa rekber bernama dari forum KasKus, dimana si penyedia jasa menggelapkan uang pengguna sebesar kurang lebih 400 juta secara akumulatif. 

Seiring berjalannya waktu, kini telah ada hukum yang dengan jelas mengatur serta mengikat semua penyedia jasa rekber agar tetap patuh dan menjalankan tugasnya sebagai pihak netral dalam bertransaksi.

Adapun pelaksanaan kegiatan transaksi elektronik perbankan diatur dalam UU ITE Pasal 5, UU ITE Pasal 11, UU ITE Pasal 8 dan 20 yang masing-masing mengatur:

  • Pengakuan atas informasi/Dokumen Elektronik dan/atau hasil cetaknya sebagai alat bukti yang sah dan telah memberikan dasar pengaturan transaksi elektronik juga perluasan alat bukti yang diatur dalam UU ITE Pasal 5;
  • Pengakuan terhadap kekuatan hukum dan akibat hukum tanda tangan elektronik sebagaimana tertuang dalam UU ITE Pasal 11;
  • Pengakuan terhadap kepastian terjadinya transaksi sebagaimana tertuang secara rinci dalam UU ITE Pasal 8 dan Pasal 20.

Dilihat dari tersedianya hukum yang mendasari dan melindungi, menunjukkan bahwa keamanan transaksi Shopee melalui rekber sangatlah terjaga. Jika Anda merupakan penjual, maka Anda dapat melindungi toko dari tipe pembeli yang melakukan hit and run

Sedangkan bagi pembeli, ketersediaan layanan rekber Shopee menjaga agar tidak ada transaksi fiktif, menurunkan risiko penipuan. 

Mulai Transaksi Mudah dengan Rekber

Rekber Shopee: Cara Mudah Transaksi Online Dengan Aman

Serangkaian informasi seputar rekber mulai dari manfaat rekber Shopee serta jaminan keamanan Shopee dalam transaksi menjadi faktor pendukung untuk meyakinkan Anda dalam memulai transaksi menggunakan layanan jasa rekber dari pihak ketiga.

Selama Anda mengikuti panduan transaksi aman yaitu dengan menjaga keamanan akun Shopee dan tidak membagikan OTP dan PIN ke orang lain serta memastikan transaksi tetap dilakukan dalam aplikasi Shopee maka memilih transaksi dengan rekber akan lebih aman, nyaman, dan praktis dibandingkan metode transaksi jenis lain seperti COD.

Seiring dengan banyaknya kasus sukses rekber Shopee sebagai pihak netral yang memediasi transaksi antara penjual dengan pembeli, maka semakin banyak juga penjual yang memilih memusatkan usahanya di Shopee.

Untuk memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis dan menjamin kepuasan pelanggan, Anda harus memanfaatkan segala fasilitas yang bisa Anda gunakan. Selain memaksimalkan penjualan melalui Shopee dan memanfaatkan layanan pembayaran rekber, Anda juga dapat meningkatkan performa toko Anda melalui kerjasama dengan perusahaan fulfillment Indonesia.

Melalui perusahaan fulfillment, Anda dapat memastikan pemenuhan pesanan yang masuk dilakukan dengan teliti dan professional, mengurangi tingkat kesalahan pengiriman produk, dan mengutamakan efisiensi waktu dalam proses pengambilan produk, pengemasan, maupun pengiriman guna menghindari pengajuan pengembalian dana.

Salah satu perusahaan penyedia jasa fulfillment terbaik di Indonesia adalah Locad. Sebagai perusahaan yang telah menangani pesanan untuk berbagai brand besar di beberapa negara Asia Pasifik, Locad memiliki catatan pemenuhan pesanan dengan akurasi 99.99% dan tingkat kepuasan mencapai 90 dari 100.

Yuk kelola bisnis Anda selangkah lebih maju melalui e-commerce dengan dibantu oleh jasa fulfillment dari Locad. Tawarkan tidak hanya keamanan dalam bertransaksi namun juga komitmen untuk memberikan produk yang tepat sesuai harapan pembeli ketika melakukan transaksi. Kunjungi situs Locad dan dapatkan konsultasi bisnis gratis sekarang juga!

Mencari solusi untuk transaksi online yang aman dan terpercaya? Yuk kenalan dengan rekber Shopee dan pelajari cara kerja serta untung ruginya disini!

Nikmati fulfillment menggunakan layanan Locad

Kembangkan bisnis Anda melalui solusi fulfillment yang mudah dan otomatis dari Locad

  • Penyimpanan tak terbatas dan dapat diskalakan
  • Bayar hanya untuk barang yang disimpan
  • Tidak ada biaya tersembunyi atau periode keterikatan
  • Tanpa biaya inbound
  • Integrasi yang luas dengan marketplace
  • Logistik dan pengiriman otomatis
Dapatkan berita industri terkini, praktik terbaik, dan pembaruan produk!

Penawaran Terbatas!

Bayar sesuai pemakaian saja tanpa ada pembayaran bulanan minimal selama 30 hari*

*Terms & conditions apply

IDLAUNCHPROMO

Don't miss out on the latest news!

Get the latest industry news, best practices, and product updates!

Exclusive benefits to ace your e-commerce game this 2023 with Locad’s desk calendar!